STUDY KELAYAKAN LOKASI PABRIK



( materi bisa di down load di sini )


   Pentingnya Lokasi
         Salah satu keputusan yang paling strategis bagi organisasi adalah dimana mereka akan menempatkan fasilitas operasi/produksi
         Aspek internasional dari keputusan lokasi menandakan bahwa lokasi bisa sangat global sifatnya
         Lokasi berpengaruh terhadap biaya (tetap dan variabel :  pajak, upah, bahan baku, sewa, angkutan à berpengaruh thd laba
         Sekali lokasi ditentukan muncul biaya àkerja keras manajemen untuk mencari lokasi menjadi sangat penting
       .    Keputusan lokasi sangat spesifik tergantung pada jenis organisasinya

Faktor-Faktor  Yang  Mempengaruhi Lokasi
         Memilih lokasi menjadi rumit karena adanya globalisasi tempat kerja à keputusan lokasi melewati batas negara
         Faktor penentu lokasi :
        Produktivitas Tenaga Kerja
        Kurs Valuta Asing
        Biaya
-    Sikap Pemerintah
-  
1.     Keputusan Negara
-          Peraturan, sikap, stabilitas dan rangsangan      Pemerintah
-           Isu-isu budaya dan ekonomi
-           Ketersediaan tenaga kerja, sikap, produktivitas dan biaya
-           Ketersediaan pasokan, komunikasi dan energi
-           Tingkat kurs valuta asing

2.       Keputusan Wilayah/ Masyarakat

 Kinginan perusahaan
 Dayea tarik wilayah
 Ketersediaan tenaga kerja, biaya, sikap terhadap org buruh
 Biaya dan ketersiaan utilities
 Peraturan lingkungan hidup daerah dan negara
 Jarak relatif sumber bahan baku dengan konsumen
 Biaya lahan/pembangunan fasilitas

3.       Keputusan Lokal
Ukuran dan biaya lokasi
 Sistem transportasi
 Pembatasan penentuan zona
 Akses ke jasa dan pasokan bahan baku
 Isu-isu dampak lingkungan

Metode Analisis Lokasi
Empat Metode Analisis yg Populer :
1.      Metode pemeringkatan faktor
  1. Analisis titik impas lokasi
  2. Metode pusat gravitasi
4.      Metode transportasi

Metode Pemeringkatan Faktor
         Metode yg sering digunakan karena mencakup variasi faktor yang sangat luas
         Tahapan analisis :
        Mengembangkan daftar faktor-faktor
        Menetapkan bobot setiap faktor untuk mencerminkan seberapa jauh faktor itu penting
        Mengembangkan suatu skala untuk setiap faktor
        Meminta manajer untuk menentukan skor setiap lokasi untuk setiap faktor
        Mengalikan skor dengan bobot dan menentukan jumlah totalnya untuk setiap lokasi
        Memberikan rekomendasi

Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Lokasi
         Biaya tenaga kerja (termasuk upah, pembentukan serikat pekerja, produktivitas)
         Ketersediaan tenaga kerja (termasuk sikap, umur, distribusi, keahlian)
         Jarak lokasi dengan bahan baku dan pemasok
         Jarak lokasi dengan pasar
         Kebijakan fiskal pemerintah
         Peraturan lingkungan hidup
         Peralatan dan utilitas
         Biaya lokasi : tanah, ekspansi, parkir, dsb
         Ketersediaan transportasi (darat, laut, udara)
         Isu kualitas hidup masyarakat (pendidikan, perumahan, dsb.
         Kurs valuta asing (tingkat kurs, stabilitas kurs)
         Kualitas pemerintah (stabilitas, kejujuran, sikap terhadap bisnis baru)

Faktor
Bobot
Skor
Skor Tertimbang

Lokasi A
Lokasi B
Lokasi A
Lokasi B
Tenaga kerja
0,25
70
60
0,25x70=17,5
0,25x60=15,0
Rasio orang thd mobil
0,05
50
60
0,05x50=12,5
0,05x60= 3,0
Pendapatan per kapita
0,10
85
80
0,10x85= 8,5
0,10x80= 8,0
Struktur pajak
0,39
75
70
0,39x75=29,3
0,39x70=27,3
Pendidikan & kesehatan
0,21
60
70
0,21x60=12,6
0,21x70=14,7
TOTAL
1,00


70,4
68,0

Analisis Titik-Impas Lokasi
         Analisis titik-impas lokasi : penggunaan analisis biaya-volume produksi untuk membuat perbandingan ekonomis terhadap alternatif-alternatif lokasi
         Tujuan analisis : mencari lokasi dengan biaya terendah
         Analisis titik-impas dapat dilakukan baik dengan pendekatan grafik ataupun matematik
Tahapan :
         Tentukan biaya tetap dan biaya variabel untuk setiap lokasi
         Plot biaya untuk setiap lokasi, dengan biaya pada garis vertikal dan volume produksi pada garis horisontal
         Pilih lokasi yang biaya totalnya paling rendah, untuk setiap volume yang diinginkan
Contoh :
         Sebuah perusahaan manufaktor sedang mempertimbang 3 lokasi untuk pabriknya: A, B dan C dengan biaya tetap A=$30.000, B=$60.000, C=110.000 dan biaya variabel A =$75, B=$45, C=25. Harga jual $120 dan volume produksi yang diinginkan 2.000 unit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar